photo banner-rumah-pustaka-blog_zpse71xpgpt.gif

Ini Dia, Orang Indonesia Sang Juara Umum Hafalan Matan Internasional

Mahasiswa Indonesia asal Solo Jawa Tengah Aris Syaifuddin, tampil sebagai juara umum hafalan matan tingkat Mujtahid yang diadakan fakultas Syariah Universitas Islam Madinah. Mahasiswa semester 2 fakultas Syariah ini berhasil mendapatkan predikat A+ dalam ujian matan yang dilaksanakan pada 4 hari sebelumnya.
Hadiah dan medali diserahkan langsung oleh dekan Fakultas Syariah Prof. DR. Muhammad Bin Abdullah Az Zahim di aula fakultas Syariah siang tadi.

Ini merupakan puncak dari semenjak dibukanya acara perlombaan, peserta menghafal materi yang ditentukan selama 2 semester dan diujikan setiap akhir semesternya. Sedangkan untuk tingkat mujtahid merupakan tingkat tertinggi setelah tingkat mubtadi’ dan muqtasid.

Aris berhasil menyisihkan peserta dari berbagai negara lainnya. Sebagai hadiah mahasiswa alumni pesantren Ibnu Abbas As-Salafy Sragen ini mendapatkan uang tunai sebesar 7000 SR atau sekitar Rp. 25jt.
Abdul Khair Rahmat ketua angkatan 2015 mengapresiasi hal itu.

“Makin mengharumkan nama Indonesia di Universitas Islam Madinah.” Ungkapnya.
“Semoga amalan ini ikhlas untuk Allah semata dan sebagai penyemangat bagi kawan-kawan.” Ungkap Aris dalam eforia kegembiraannya.

Berikut daftar matan untuk tingkatkan Mujtahid yang harus di hafalkan:
1. Bulughul Maram
2. Zadul Mustaqni
3. Alfiyyah Ibnu Malik
4. Maraqi Su’ud
5. Kitabut Tauhid
6. Nukhbatul Fikar
Sumber


Berikut foto-foto Aris:
Share on Google Plus

About H. Hannan Putra, Lc

Artikel yang ditulis H. Hannan Putra, Lc dalam blog ini dirangkum dari berbagai sumber media. Diantaranya; rubrik Dialog Jumat- Khasanah- Islam Digest di Koran Republika, Republika Online, Majalah Al-Ribath PPMI Mesir, Jurnal Sinai, dakwatuna, Islam Media, Era Muslim, dan media Islam lainnya baik cetak maupun elektronik. Selain itu ada juga beberapa tulisan yang belum diterbitkan. Silahkan mengkopy-paste tulisan-tulisan tersebut untuk syiar dan dakwah Islam. Jangan lupa mencantumkan sumber dari tulisan yang dicopy. Supaya kritikan/ masukan atas tulisan-tulisan tersebut bisa sampai ke penulis.

"Saya bukanlah Ulama, walau cita-cita terbesar saya adalah itu. Saya hanya seorang muballigh yang baru belajar berdakwah dengan lisan dan tulisan. Kajian saya bersifat sederhana, karena memang peruntukan utamanya untuk diri saya sendiri, keluarga, dan masyarakat awam. Saya sangat terbuka untuk berdiskusi. Saya mengusung Islam moderat, anti-fanatisme dan radikalisme. Saya bermazhab Syafi'i. Tapi dalam pemikiran saya lebih suka lintas mazhab dan tak ingin dibatasi oleh kelompok, golongan, atau kepentingan politik. Misi dakwah saya, mengajak anda kepada luasnya Islam, bukan kepada sempitnya golongan." Wassalam, H. Hannan Putra, Lc.
    Blogger Comment
    Facebook Comment