photo banner-rumah-pustaka-blog_zpse71xpgpt.gif

Mencari Matan dan Takhrij Hadis Secara Online [Tutorial]

Bagi yang kebingungan mencari rujukan hadis, baik dari segi matan, perawi, dan takhrij hadis, kini tidak perlu repot lagi. Kita tinggal berkunjung ke website http://islamweb.net

Website yang dikelola Doha, Qatar, selain dikenal dengan rubrik fatwa-nya yang sangat lengkap, web ini juga memiliki beberapa aplikasi yang bermanfaat. Diantaranya aplikasi jawami’ul kalam yang cukup populer di kalangan santri. Ada juga aplikasi ilmu Al Qur’an dan Tafsir. Dan ada pula aplikasi hadits yang tersedia dalam versi online dan offline.

Menurut ana, aplikasi di islamweb ini sangat membantu untuk melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap hadits-hadits. Seperti mencari sanad-sanad, syawahid, melihat biografi perawi hadits serta penilaian kualitas rawi hadits atau dikenal dengan jarh wa ta’dil terhadap rawi hadits.

Caranya, setelah masuk ke website http://islamweb.net/ pilih menu موسوعات. Ada banyak menu-menu di sini. Untuk mencari hadis, masuk ke menu موسوعات الحديث


Selanjutnya, masukan teks dari hadits yang ingin di cari pada kotak pencarian. Misalkan kita ingin mencari hadis,إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ


Kolom طرف الحديث menampilkan bagian dari teks hadits
Kolom الصحابي menampilkan nama sahabat Nabi yang meriwayatkan hadits
Kolom اسم الكتاب menampilkan nama kitab-kitab hadits yang memuat hadits yang dicari
Kolom أفق dan العزو menunjukkan nomor hadits
Kolom المصنف menampilkan nama ulama penulis kitab hadits
Kolom سنة الوفاة menampilkan tahun wafat dari ulama yang menulis kitab hadits terkait

Klik hadis yang dipilih. nanti akan keluar تخريج, Kita akan mendapat data takhrij hadits yang lebih akurat dari hasil pencarian sebelumnya.



Jika pada hasil pencarian sebelumnya hanya didapatkan hadits-hadits yang memuat kalimat إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ dengan persis, maka dalam data takhrij ini kita mendapat data takhrij untuk hadits tersebut walaupun ada sedikit perbedaan lafadz. Dari contoh di atas kita ketahui ternyata hadits ini juga terdapat dalam Shahih Muslim dengan lafadz sedikit berbeda yaitu إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ

Jika ingin mengetahui Sanad hadits bisa dimulai dengan penyebutan nama-nama perawi hadits. Jika kita klik salah satu nama perawi yang ada, akan keluar info biografi dari perawi tersebut.
Share on Google Plus

About H. Hannan Putra, Lc

Artikel yang ditulis H. Hannan Putra, Lc dalam blog ini dirangkum dari berbagai sumber media. Diantaranya; rubrik Dialog Jumat- Khasanah- Islam Digest di Koran Republika, Republika Online, Majalah Al-Ribath PPMI Mesir, Jurnal Sinai, dakwatuna, Islam Media, Era Muslim, dan media Islam lainnya baik cetak maupun elektronik. Selain itu ada juga beberapa tulisan yang belum diterbitkan. Silahkan mengkopy-paste tulisan-tulisan tersebut untuk syiar dan dakwah Islam. Jangan lupa mencantumkan sumber dari tulisan yang dicopy. Supaya kritikan/ masukan atas tulisan-tulisan tersebut bisa sampai ke penulis.

"Saya bukanlah Ulama, walau cita-cita terbesar saya adalah itu. Saya hanya seorang muballigh yang baru belajar berdakwah dengan lisan dan tulisan. Kajian saya bersifat sederhana, karena memang peruntukan utamanya untuk diri saya sendiri, keluarga, dan masyarakat awam. Saya sangat terbuka untuk berdiskusi. Saya mengusung Islam moderat, anti-fanatisme dan radikalisme. Saya bermazhab Syafi'i. Tapi dalam pemikiran saya lebih suka lintas mazhab dan tak ingin dibatasi oleh kelompok, golongan, atau kepentingan politik. Misi dakwah saya, mengajak anda kepada luasnya Islam, bukan kepada sempitnya golongan." Wassalam, H. Hannan Putra, Lc.
    Blogger Comment
    Facebook Comment